Jumat, Januari 25, 2008

Apa itu RSS?

Saat ini jutaan pengguna internet di seluruh dunia cukup menggunakan RSS untuk mendapatkan update artikel terbaru situs-situs favorit mereka.

Dahulu, agar tidak ketinggalan update situs-situs yang Anda sukai, Anda harus mem-bookmark situs-situs tersebut di browser komputer Anda dan secara manual mengeceknya secara teratur untuk melihat apakah ada artikel baru yang ditambahkan.

Yang jadi masalah dengan bookmarking tradisional ini adalah:
  • Anda, sebagai pengguna internet harus melakukan semua pekerjaan ini
  • Menjadi semakin ribet ketika Anda ingin mengecek banyak sekali situs pada saat yang sama
  • Anda kehilangan informasi jika Anda lupa mengecek daftar bookmark Anda
  • Anda seringkali menemukan informasi yang sama berulang-ulang ketika mengecek bookmark situs-situs yang jarang di-update
RSS Mengubah Segalanya

Bagaimana jika Anda bisa meminta situs-situs favorit Anda untuk memberitahu Anda secara otomatis setiap kali mereka di-update?

Inilah yang dilakukan RSS untuk Anda.

RSS (Really Simple Syndication) adalah teknologi yang memberi kemudahan kepada Anda untuk mendapatkan informasi yang up to date dan dikirimkan secara otomatis kepada Anda. Saya sering menggambarkan seperti ini: jika isi situs adalah koran dan Anda adalah pembaca koran, RSS adalah loper koran yang akan mengirimkan koran tersebut kepada Anda.

Yang Anda lakukan cukup berlangganan dan isi situs favorit Anda akan dikirimkan ke RSS Reader yang Anda miliki.

Bagaimana Menggunakan RSS?

Untuk menggunakan RSS saat ini semakin mudah. Anda pasti tidak asing lagi dengan berbagai desain RSS button berwarna oranye seperti yang ada di pojok kiri atas.

Jika Anda ingin mendapatkan update terbaru situs atau blog favorit Anda, cukup klik kiri RSS button yang ada di situs atau blog tersebut. Setelah masuk ke halaman "Current Feed Content" (untuk yang menggunakan layanan FeedBurner), silahkan klik kiri tombol RSS Reader yang Anda kehendaki. Saya menyarankan pergunakanlah yang paling mudah dan familiar, misalnya My Yahoo atau Add to Google.

Setelah meng-klik tombol RSS Reader yang Anda pilih dan tombol "Subscribe", untuk My Yahoo Anda akan dibawa ke halaman My Yahoo. Klik kiri tombol "Add to My Yahoo".

Untuk Google, Anda akan dibawa ke halaman Add to Google. Ada dua pilihan dimana Anda akan menerima feed: "Add to Google Homepage" atau Add to Google Reader". Silahkan klik kiri mana yang Anda sukai. Saya pribadi lebih senang menggunakan Google Homepage sehingga feed semua situs yang saya subscribe tampil di halaman iGoogle saya.

Tidak Ingin Menggunakan RSS Reader?

Email adalah pilihan lain untuk berlangganan. Dengan memilih menggunakan email, update artikel situs favorit Anda akan langsung masuk ke inbox email Anda.

Untuk menggunakan email, caranya tidak jauh berbeda. Klik kiri tombol RSS button, kemudian klik kiri "Get delivered by email" atau langsung masukkan alamat email Anda pada kotak yang sudah disediakan. Setelah masuk ke halaman "Email Subscription Request", silahkan ketik alamat email Anda (misalnya namaAnda@yahoo.com) dan ketik ulang teks berupa susunan huruf di boks anti-spam. Kemudian klik tombol "Complete Subscription Request". Anda akan mendapatkan email verifikasi di inbox email Anda.

Buka inbox email Anda dan klik link verifikasi yang ada. Selesai.

Demikian penjelasan sederhana tentang apa itu RSS dan bagaimana cara menggunakannya. Semoga bermanfaat. Tips dari saya, jika Anda ingin memperbanyak jumlah subscriber blog Anda, buatlah penjelasan tentang apa itu RSS di blog Anda. Ingat, masih banyak pemakai internet yang awam tentang apa itu RSS dan bagaimana cara menggunakannya. Dengan memberikan penjelasan tentang apa itu RSS, Anda juga sekaligus telah mendidik pengunjung blog Anda.

Artikel diambil dari blogguebo.com.

0 comments: